Smoothing Short Course, Belajar Pelurusan Rambut yang Baik dan Benar - travelingika.com

cat-header

Smoothing Short Course, Belajar Pelurusan Rambut yang Baik dan Benar

Yuk belajar hal baru lagi! Kali ini aku mau belajar tentang smoothing. Kebetulan SKB Ungaran bekerjasama dengan NR Professional mengadakan Smoothing Short Course pada tanggal 13 Agustus 2024. Short course ini untuk umum dan aku membayar sebesar 150 ribu rupiah. Selain short course, nantinya juga dapat lunch, 2 sertifikat dari SKB dan NR Professional, dan goodie bag. Kegiatannya sendiri diadakan di salon Griya Tetirah yang ada di SKB Ungaran. Yuk cuss berikut catatannya 😀.


Siap belajar smoothing! 💪💇

Aku datang jam 7.30 pagi dan langsung ke lantai atas untuk belajar teori smoothing dari presentasi Kerasmooth Softline Silky Smooth oleh tim NR. Tujuan mengikuti kelas ini selain mengenal produk NR Softline Silky Smooth juga supaya peserta dapat mengenal teknik pelurusan Kerasmooth dan cara praktek pelurusannya. Presentasinya menarik dan penjelasannya mulai dari sejarah pelurusan rambut, product knowledge, aneka varian produk NR, faktor kegagalan pelurusan, cara analisa rambut, cuci rambut, aplikasi step 1, peresapan dan cek elastisitas, pencatokan, aplikasi step 2, dan styling. Setelah melihat presentasi dan menikmati snack sebentar, peserta meluncur ke salon Griya Tetirah. 


Serius belajar teori smoothing


Sejarah pelurusan rambut


Foto bersama Kepala SKB Ungaran


Salon Griya Tetirah, tempat praktek belajar kami hari ini

Disini kami langsung praktek. Mulai dari analisa rambut yang meliputi rambut rusak, normal, resistant, dan extra resistant. Lanjut dengan mencuci rambut (sudah disediakan 3 orang yang rela rambutnya dijadikan bahan belajar 😁) dan mengeringkannya dengan handuk. Kemudian parting rambut sesuai model guntingan rambut. 


Instruktur mengajari cara analisa rambut


Rambut dicuci dulu


Pengeringan rambut

Nah, sekarang masuk ke bagian menantangnya, hehe. Dimulailah pengaplikasian step 1 pada bagian rambut yang akan diluruskan. Oh ya, Softline Silky Smooth mengandung keratin yang tentunya oke banget untuk menghasilkan rambut lurus yang tahan lama, sehat, dan wangi. Kami belajar meratakan krim step 1 pada batang rambut. Susah banget buatku euy! 😆 Soalnya ini pertama kalinya aku belajar smoothing dan langkah-langkah aplikasinya ternyata lumayan bikin capek 😅. Licin banget dan memang perlu terbiasa sih untuk bisa meratakan dengan baik. Instruktur juga mengajari dan memantau terus apakah kami sudah meratakan step 1 dengan baik dan benar. Oke lanjut yaa...


Belajar parting dan aplikasi krim step 1

Setelah selesai mengaplikasikan step 1, rambut didiamkan hingga krim meresap ke batang rambut. Jangan lupa untuk cek elastisitasnya. Nah sambil menunggu proses peresapan ini, kami makan siang dulu, lapeerr 😸. Lunch nya enak banget, ayam bakarnya mantap 👍! Setelah makan siang, peserta balik ke salon dan membilas rambut "objek" sampai bersih. Lanjut ke proses pencatokan yang ternyata susah juga. Tapi ga papa, ayo semangat belajar! Eniwei, sebelum pencatokan, rambut dipastikan dalam kondisi 90% kering. Lalu dilakukan pencatokan selapis demi selapis setelah pemilihan suhu catok yang tepat. Kebetulan kelompokku, kelompok 2, mendapat "objek" mbak-mbak yang rambutnya normal, jadi suhu catoknya antara 160-180 derajat Celcius. 


Belajar catok

Pencatokan selesai, lanjut dengan pengaplikasian step 2. Step 2 ini membutuhkan waktu peresapan yang tidak lama seperti step 1. Hanya butuh 10-15 menit lalu rambut dapat dibilas hingga bersih. Aku pun belajar dan praktek cara membilas rambut yang baik dan benar, wah sungguh pengalaman yang unik buatku 😁. Setelah dibilas, rambut dikeringkan 100%. Di tahapan ini waktu telah menunjukkan pukul 2 siang. 


Belajar membilas rambut

Dan beginilah hasil dari kelompok kami! Mantap kan! 😍 Rambut jadi lurus, sehat, wangi, dan berkilau indah sekaliii 💥.


Hasil smoothing kelompok 2

Sebelum pulang, kami mendapat goodie bag berisi Mylea Lancry Nutri Scalp Vitamin Creambath, aseek bisa buat perawatan rambut dirumah 😘. Kesimpulan dari aku, jangan pernah malu untuk mencoba hal yang baru. Sebelum mengikuti short course ini, pengetahuanku soal rambut dan smoothing sangat minim. Eh hari ini Puji Tuhan dapat ilmu dan wawasan baru yang bertubi-tubi. Selain itu aku juga mendapat banyak kenalan baru, yang mana mereka ternyata hampir semuanya punya salon, gaess! Pantesan pada udah keliatan pro gitu 😄. Apalah aku ini yang cupu yang cuma pengen belajar hal baru aja 🙋. 


Kelompok 2: aku, Bu Nina, dan Mbak Natalie

Wajah-wajah lelah tapi puas sudah belajar ilmu smoothing 😀

Terimakasih SKB Ungaran dan NR Professional untuk pengalaman belajar hari ini! Gaess, sampai jumpa di catatan belajar hal baru berikutnya yaaa... GBU 🙏


Location Map: SKB Ungaran

Baca Juga